COURSES FOR AWARENESS LEVEL
Latar Belakang
Dalam rangka membangun dan mengembangkan kompetensi pegawai yang inovatif dan produktif dalam mendukung Bank Mandiri mencapai visi dan misinya, maka perlu kiranya dibangun kompetensi pegawai, baik pada aspek teknikal maupun leadership/managerial-nya.
Lean Thinking merupakan konsep berpikir secara ramping/efisien dengan me-review proses yang ada saat ini, mengidentifikasi critical process, menghilangkan waste dan mengoptimalkan value, yang jika diimplementasikan secara terus-menerus dapat menghasilkan organisasi yang bekerja secara efektif dan efisien.
Salah satu tools yang umum digunakan dalam konsep Lean Thinking adalam DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Pegawai di Direktorat Keuangan & Strategi, Direktorat Transformation Office dan Direktorat Kepatuhan dan SDM memiliki peran dan tanggung jawab dalam me-review business process, mengkoordinir dan merealisasikan proyek-proyek strategis Bank Mandiri, serta melakukan review terhadap work force planning berdasarkan business process baru. Dengan peningkatan kemampuan Lean Thinking diharapkan dapat menghasilkan inisiatif-inisiatif perbaikan proses yang lebih banyak lagi serta memberikan masukan, yang akan memberikan nilai tambah dan efisiensi bagi Bank.
Tujuan
Training ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pegawai Direktorat Keuangan & Strategi, Direktorat Transformation Office, dan Direktorat Kepatuhan dan SDM dalam memahami dan mengimplementasikan proses berpikir secara Lean/efisien berbasis DMAIC khususnya untuk :
Jarot Anorogo adalah Konsultan di PQM Consultants - sebuah perusahaan konsultan yang berfokus dalam membantu klien untuk membangun budaya continuous improvement (Kaizen), peningkatan produktivitas dan kualitas melalui pengembangan kemampuan dan kapabilitas orang di dalam organisasi.
Beberapa pengalamannya membantu organisasi klien yang menunjang pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan melalui improvement di bidang supply chain dan proses bisnis, penerapan Lean dan Total Quality Management (TQM). Jarot Anorog merupakan olulusan Magister Teknik Industri dari Universitas Indonesia dan Certified Supply Chain Professional (CSCP) dari APICS (Asosiasi Manajemen Operasi di AS).
Beberapa klien yang telah dibantu dalam penerpaan LEAN, TQM dan SCM seperti: PT Akzo Nobel Car Refinishes Indonesia, PT. Astra Honda Motor (AHM), PT. Bank Central Asia, Tbk (BCA), PT. Bekaert Indonesia (wiring), PT Garudafood Putra Putri Jaya (F&B), PT. Heinz ABC Indonesia (foods); PT. Indofarma (Persero), Tbk (Pharmaceutical); PT. Johnson Home Hygiene Products (home care); PT. Kalbe Morinaga Indonesia (baby nutrition); PT Kaldu Sari Nabati (snacks food), PT. Kangar Consolidated industries (Owens-Illinois Company), PT. Kao Indonesia (Fabric and Home Care, Skin and Health Care); PT Kerry Ingredients Indonesia (flavor), PT. Pacific Brands Indoensia (Berlei intimate apparel), PT. Nutricia Indah Sejahtera – Danone Company (baby nutrition manufacturers); PT. Prima Inreksa Industries (shoes manufacturer) PT. SCHOTT Igar Glass, PT. Suryaraya Rubberindo Industries (tire company), PT. Stretchline (Textile), PT. Total Bangun Persada, Tbk (Engineering & Construction), PT. Yamaha Music Manufacturing Asia (YMMA).
Jarot Anorogo juga berpengalaman dalam berkolaborasi dengan Japan Institute of Plant Maintenance Solutions (saat ini dikenal dengan JMAC) dalam membantu PT. Kao Indonesia, PT. Komatsu Indonesia, PT. Komatsu Undercarriage Indonesia, PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, and PT. Chandra Asri Petrochemicals menerapkan TPM dan TQM. Adapun PT Komatsu Undercarriage Indonesia mendapatka TPM Award dari JIPM pada tahun 2019 dan PT Komatsu Indonesia mendapatkan Deming Prize dari JUSE untuk penerapan TQM di tahun 2018.